Selasa, 12 April 2011

PROPOSAL PONPES



PROPOSAL
PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN
“ RAUDLATUL MUSTHOFA “
TRIWUNG KIDUL PROBOLINGGO JAWA TIMUR

I.  MUQADDIMAH
Pondok Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang dipandang paling ideal untuk membina dan mengantarkan serta sebagai tempat  untuk menempa dan membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan guna mempersiapkan diri sebagai generasi penerus estafet kepemimpinan ummat dan bangsa.
            Melihat eksistensi strategis Pondok Pesantren , sebagai wahana pematangan generasi muda , penerus cita – cita bangsa maka menjadi kewajiban bagi semua pihak  untuk berpartisipasi aktif mengambil bagian terpenting menjadikan lembaga tersebut mampu mengantarkan generasi muda islam menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas , tangguh , kritis , memiliki sifat – sifat , sikap dan kepribadian yang baik dan mulia (berakhlaqul karimah).
            Pondok Pesantren Raudlatul Musthofa yang sedang dibangun ini ingin merealisasikan program pendidikan terpadu dan berkesinambungan maka didalam menjalankan program – program dan misinya sangat membutuhkan dana untuk pembangunan asrama tempat belajar, dana operasional serta sarana dan prasarana pendidikan yang memadai untuk menunjang segala aktifitas pembinaan dalam rangka mengantarkan putra- putri kaum muslimin menjadi generasi harapan dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

II. DASAR PEMIKIRAN

1.      Firman Allah SWT. Didalam Al-Qur’an antara lain :

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ هَلۡ أَدُلُّكُمۡ عَلَىٰ تِجَـٰرَةٍ۬ تُنجِيكُم مِّنۡ عَذَابٍ أَلِيمٍ۬ (١٠) تُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَتُجَـٰهِدُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ بِأَمۡوَٲلِكُمۡ وَأَنفُسِكُمۡ‌ۚ ذَٲلِكُمۡ خَيۡرٌ۬ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ (١١)

  
Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.( QS.Sah-Shaff : 10-11)

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمۡوَٲلَهُمۡ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ۬ مِّاْئَةُ حَبَّةٍ۬‌ۗ وَٱللَّهُ يُضَـٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ‌ۗ وَٱللَّهُ وَٲسِعٌ عَلِيمٌ (٢٦١) 
perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.(QS. Al-Baqarah : 261)
 لَن تَنَالُواْ ٱلۡبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُواْ مِمَّا تُحِبُّونَ‌ۚ وَمَا تُنفِقُواْ مِن شَىۡءٍ۬ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ۬ (٩٢) 
Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. Ali-Imron : 92)

III. DASAR PELAKSANAAN                                                   

1.      Kunci keberhasilan pembangunan sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM), mengingat manusia merupakan pemeran utama pembangunan bukan sebagai obyek, sarana ataupun kendala pembangunan.
2.      Merupakan realita sejarah bahwa ummat islam Indonesia adalah pemeran utama dalam memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan serta dalam percaturan politik dan pembangunan bangsa, karena 88% penduduk Indonesia beragama Islam.
3.      Pondok Pesantren Raudlatul Musthofa sebagai lembaga pendidikan islam diharapkan mampu mempersiapkan dan mengantarkan generasi muda Islam / santri menjadi generasi penerus perjuangan bangsa , pemegang estafet kepemimipinan dan menjadi teladan bagi masyarakat.
4.      Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia khususnya para santri , sangat diperlukan perhatian yang serius, tenaga yang profesional serta sarana –prasarana pendidikan yang layak dan memadai.

IV. NAMA KEGIATAN

            Kegiatan ini kami beri nama :
Pembangunan Dan Pengadaan Sarana / Prasarana Serta Dana Opersional Pondok Pesantren “ RAUDLATUL MUSTHOFA ” Triwung Kidul Probolinggo   

V. TINJAUAN KELEMBAGAAN

1.      Landasan pemikiran

a.       Firman Allah SWT. dan hadits Rasulullah SAW. antara lain:

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا قِيلَ لَكُمۡ تَفَسَّحُواْ فِى ٱلۡمَجَـٰلِسِ فَٱفۡسَحُواْ يَفۡسَحِ ٱللَّهُ لَكُمۡ‌ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُواْ فَٱنشُزُواْ يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَـٰتٍ۬‌ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٌ۬ (١١)

 Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.(QS. Al- Mujadilah : 11)
أَمَّنۡ هُوَ قَـٰنِتٌ ءَانَآءَ ٱلَّيۡلِ سَاجِدً۬ا وَقَآٮِٕمً۬ا يَحۡذَرُ ٱلۡأَخِرَةَ وَيَرۡجُواْ رَحۡمَةَ رَبِّهِۦ‌ۗ قُلۡ هَلۡ يَسۡتَوِى ٱلَّذِينَ يَعۡلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعۡلَمُونَ‌ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَـٰبِ (٩) 
Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?". (QS. Az- Zumar : 9)
طلب العلم فريضة على كل مسلم و مسلمة ( الحديث)
“ Menuntut ilmu diwajibkan atas setiap orang Islam laki- laki dan perempuan “. ( Al-Hadits)
اطلب العلم من المهد الى اللحد
“ Tuntutlah ilmu dari ayunan ibu sampai masuk ke liamg lahat / mati“.(HR. Buchori Muslim)

Imam Syafi’i  R.A berkata:
من أراد الدنيا فعليه بالعلم و من أراد الآخرة فعليه بالعلم و من أرادهما فعليه بالعلم
“Barang siapa ingin mendapatkan kebahagiaan di dunia maka carilah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kebahagiaan di akhirat maka carilah dengan ilmu dan jika ingin mendapatkan kedua-duanya maka carilah dengan ilmu”. 

VI.          MAKSUD DAN TUJUAN
Kelurahan Triwung Kidul terletak di wilayah Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo yang bermata pencaharian sebagai buruh, pegawai negeri, swasta, pedagang dan sebagian besar adalah petani dan mayoritas beragama Islam.
Rata-rata penduduk di Kelurahan Triwung Kidul ini mengajikan anak-anaknya di Pondok Pesantren Raudlatul Mushthofa, dan tidak hanya anak-anak yang menuntut ilmu  di PP Raudlatul Musthofa, akan tetapi pondok tersebut telah menjadi tempat menimba ilmu semua golongan masyarakat Triwung Kidul baik anak-anak, remaja kaum berkeluarga bahkan tidak jarang para ilmuan agama seperti kyai-kyai dan para ustadz. Sedangkan pada saat ini tempat yang digunakan untuk pengajian dan kegiatan-kegiatan lain masih belum ada.

VII.       LATAR BELAKANG
  Dengan memandang kondisi demikian, kami salah satu pengelola pendidikan di Kelurahan Triwung Kidul ini berkeinginan untuk membangun Mushholla dan gedung Pondok Pesantren yang selama ini masih belum ada. Akhirnya, pengelola Pondok Pesantren dan para tokoh masyarakat Kelurahan Triwung Kidul mengadakan musyawarah yang dihadiri oleh Perangkat Kelurahan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat lainnya dengan hasil kesepakatan membentuk panitia untuk membangun Musholla dan kamar istirahat santri  yang ideal, presentatif, artitif dengan biaya yang se-efisiensi mungkin.
Sedangkan tujuan pembangunan Musholla dan kamar istirahat para santri Pondok Pesantren RAUDLATUL MUSTHOFA adalah  :
1.      Dapat meningkakan proses belajar mengajar
2.      Pembentukan moral / spiritual bagi generasi muda menjadi generasi yang berakhlak mulia dan menjadi penerus yang berguna bagi Bangsa, Negara dan Agama.
3.      Sebagai sarana peningkatan syiar agama Islam di Kelurahan Triwung Kidul

VIII.   SUMBER DANA
       Sumber  dana yang masuk untuk pembangunan gedung Pondok Pesantren  Raudlatul Musthofa direncanakan dari swadaya masyarakat, berbagai instalasi baik swasta maupun Pemerintah yang diantaranya adalah sebagai berikut :
1.       Dana Kas awal
2.       Dana swadaya masyarakat
3.       Bantuan dari para dermawan

IX.  WAKTU PELAKSANAAN
                    Pelaksanaan bangunan musholla dan kamar istirahat santri Pondok Pesantren  mulai dari pembentukan panitia, penyusunan program, pekasanaan  bangunan dan peresmian direncanakan akan memakan waktu kurang lebih selama 6 bulan, namun dalam pelaksanaan nantinya akan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar